Posted by : Unknown Senin, 15 September 2014

AYAT-AYAT SYIFA' (PENYEMBUH) DALAM AL-QUR'AN AL-KARIM
Beberapa waktu lalu dalam acara Damai Indonesiaku TVOne yang juga dihadiri oleh ulama Timur Tengah Prof. DR. Wahbah Zuhaili, Ustad Yusuf Mansur mengetengahkan ceramah tentang ayat-ayat al-Qur`an yang bisa dimanfaatkan sebagai bagian usaha mencari kesembuhan penyakit yang diderita seseorang.
Materi yang beliau sampaikan sangat bagus sebagai ilmu yang perlu diketahui oleh umat Islam, umat yang kepadanya al-Quran diturunkan.
As-Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki telah sejak lama menyuguhkan Aayaatus Syifa` (Ayat-ayat penyembuhan penyakit) dalam kitabnya yang berjudul Abwabul Faraj, lengkap dengan ‘dosis’ dan cara ‘minum’nya.
Dan berikut ayat-ayat syifa' (penyembuh) yang dimaksud:
1. Surat at-Taubat ayat 14 :
وَيَشْفِ صُدُورَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ
“(Allah) akan melegakan hati orang-orang yang beriman.”
2. Surat Yunus ayat 57 :
وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُور
“Penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada..”
3. Surat an-Nahl ayat 69 :
يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ
“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.”
4. Surat al-Isra` ayat 82 :
وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِين
“Dan Kami turunkan dari al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.”
5. Surat Asy-Syu`ara ayat 80 :
وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِين
“Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku.”
6. Surat Fusshilat ayat 44 :
قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاء
“Katakanlah: “Al-Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin.”
Menurut beliau, mengutip ucapan Imam Abu al-Qasim al-Qusyairi, ayat-ayat tersebut ditulis, lalu diletakkan di sebuah wadah yang bersih, kemudian dituangkan air dan diminum. Al-Qusyairi mengatakan, bahwa setelah ia melakukan langkah ini, ia sehat seperti sedia kala, seolah baru terlepas dari ikatan yang melilit tubuhnya.
Wallahu A`lam bis Shawaab

Sesungguhnya di dalam Al-Quran banyak menyebut tentang ayat-ayat penyembuh (Ayatul Syifa’) yang memberikan berbagai pengajaran penting berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan diri. Ayatul syifa disini artinya ayat penawar, ayat penyembuh, obat bagi manusia dari penyakit jasmani maupun rohani. Allah SWT menurunkan Al-Qur’an tidak semata-mata tuntutan beribadah saja, tetapi lebih dalam merupakan petunjuk dari setiap aspek perilaku manusia terhadap dirinya, oranglain, alam sekitar, dan sang pencipta. Al-Qur’an merupakan firman Allah SWT yang termaktub dalam ayat-ayat, sehingga secara maknawi Al-Quran adalah ucapan langsung dari Allah SWT. Sehingga Al-Qur’an memiliki keutamaan yang luas, diantaranya merupakan obat bagi manusia.
ayatul syifa penyembuh penyakit
Pengobatan dengan ayat Al-Qur’an wa bil khusus ayatul syifa begitu dasyat dan sempurna. Tidak hanya satu/dua penyakit semua penyakit bisa diobati melalui Al Qur’an firman Allah SWT. Dari penyakit jasmani hingga rohani/kejiwaan. Penasaran akan ayatul syifa?
Ayatul Syifa’ yang dimaksud adalah
Q.S. Al-Isra: 82
Q.S. An-Nahl: 69
Q.S. Fushilat: 44
Q.S. Yunus: 57
Q.S. At-Taubah: 14
Q.S. Al-Mu’minuun: 115-118
Q.S. Al-Hasyr: 21-24
Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian” (QS. Al-Isra: 82)
Untuk lebih memahami apa itu ayatul syifa, “Al-Quran sebagai obat”. Dalam video YouTube ini kita akan mendengarkan tausiyah dari ustad sedekah Yusuf Mansyur mengenai ayat-ayat syifa (penyembuh). Didalam video tersebut juga kita bisa mendengarkan bacaan ayatul syifa yang merdu penuh makna dari ustad Yusuf Mansyur. Mudah-mudahan ceramah ustad Yusuf Mansyur ini menambah wawasan keilmuan dan keIslaman kita. Amiin.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Software tutorial Serba Ada - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -